Home

United Kingdom


United Kingdom, juga dikenal dengan nama Britain, adalah negara berdaulat (sovereign state)yang terdiri atas 4 negara (country): England (Inggris) dengan ibu kota London, Wales dengan ibu kota Cardiff, Scotland (Skotlandia) dengan ibu kota Edinburgh, dan Northern Ireland (Irlandia Utara) dengan ibu kota Belfast. Ibu kota dan pusat pemerintahan terletak di London, England. Secara geografis, United Kingdom terletak di pantai barat-laut Benua Eropa, yang meliputi keseluruhan Pulau Great Britain, wilayah utara Pulau Irlandia, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Samudra Atalntik membatasi negara ini di sebelah utara dan barat, Laut Celtic (Celtic Sea) di sebelah selatan, dan Laut Utara (North Sea) di sebelah timur.
 
Dengan wilayah yang luas, di UK tentunya ada banyak kota dengan landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Kota-kota wisata tersebut antara lain:

 

1. London

London
London
Kota wisata pertama adalah London, ibu kota England, sekaligus ibu kota negara United Kingdom. Oleh masyarakat setempat, kota metropolitan ini lebih dikenal dengan nama Greater London, dengan populasi penduduk yang sangat padat, lebih dari 8,5 juta jiwa (estimasi 2014). Secara geografis London terletak di tepi Sungai Thames. Di London terdapat 4 landmark yang merupakan UNESCO World Heritage Site yaitu: Tower of London; Kew Gardens; area yang meliputi Palace of Westminster, Westminster Abbey, dan St Margaret’s Church; serta Royal Observatory Greenwich yang merupakan penanda waktu Greenwich Meridian Time (GMT). Landmark lain yang sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu Buckingham Palace, Tower Bridge, London Eye, Trafalgar Square, The Shard, British Museum, National Gallery, Tate Modern, British Library, dan London Underground. Landmark dan objek wisata selengkapnya di London bisa dibaca di Wisata London.


2. Edinburgh

Edinburgh
Edinburgh
Kota wisata kedua adalah Edinburgh, ibu kota Skotlandia (Scotland). Edinburgh merupakan kota terbesar kedua di Skotlandia setelah Glasgow dengan populasi penduduk sekitar 464 ribu jiwa (estimasi 2014). Secara geografis kota ini terletak di region Lothian, di pesisir selatan muara Sungai Forth (Firth of Forth). Landmark terkenal di kota ini adalah area Old Town (Auld Toun) yang terdiri dari berbagai bangunan historis seperti Edinburgh Castle, Holyrood Palace, St. Giles Cathedral, Greyfriars Krik, dan Canongate Kirk. Selain itu area New Town yang terdiri dari bangunan-bangunan klasik berarsitektur Georgian yang dibangun sejak abad ke-18, juga sering dikunjungi oleh wisatawan. Pada tahun 1999 kedua area kota tersebut, Old Town dan New Town, dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Selain pariwisata, Edinburgh juga terkenal sebagai kota pendidikan. Salah satu universitas tertua di UK, Univeristy of Edinburgh, terletak di kota ini. Universitas tersebut juga merupakan salah satu perguruan tinggi dengan peringkat terbaik di dunia.

 

3. Belfast

Belfast
Belfast
Kota wisata ketiga adalah Belfast, ibu kota Irlandia Utara (Northern Ireland). Belfast merupakan kota terbesar di Irlandia Utara dengan populasi penduduk sekitar 333 ribu jiwa (estimasi 2015). Kota ini terletak di lembah Sungai Lagan, di pantai timur Irlandia Utara. Jika kota-kota lain pada umumnya terletak di satu region atau county, maka berbeda dengan Belfast. Wilayah Belfast terbagi di 2 county: wilayah pusat kota terletak di County Antrim; sedangkan wilayah timur dan selatan kota terletak di County Down. Belfast merupakan tempat asal kapal terkenal dunia RMS Titanic yang diproduksi oleh perusahaan konstruksi kapal Harland and Wolff. Landmark yang sering dikunjungi oleh wisatawan di kota ini antara lain Titanic Belfast, Ulster Museum, Botanic Gardens, Grand Opera House, Belfast Castle, dan SSE Arena.

 

4. Bath

Bath
Bath
Kota wisata keempat adalah Bath, kota kecil di wilayah Somerset, South West England. Kota ini terletak di lembah Sungai Avon, sekitar 156 km di sebelah barat London, dengan populasi penduduk hanya sekitar 88 ribu jiwa (estimasi 2015). Sesuai dengan namanya, Bath merupakan kota yang terkenal dengan objek wisata air panas (natural hot springs). Saat menduduki kota ini, bangsa Romawi telah membangun banyak permandian umum. Yang paling terkenal dan tetap ada hingga saat ini adalah Roman Baths. Selain itu, Bath juga terkenal dengan bangunan-bangunan klasik berarsitektur Georgian yang telah dibangun sejak abad ke-18. Selain Roman Baths, objek wisata lain yang sering dikunjungi di Bath adalah Bath Abbey, Royal Crescent, Thermae Bath Spa, Holbourne Museum, Jane Austen Centre, dan Royal Victoria Park.

 

5. Liverpool

Liverpool
Liverpool
Kota wisata kelima adalah Liverpool, kota yang tidak asing bagi penggemar sepak bola. Liverpool adalah kota pelabuhan yang terletak di Teluk Liverpool (Liverpool Bay), muara Sungai Mersey, County Merseyside, England. Populasi penduduk kota ini sekitar 470 ribu jiwa (estimasi 2014). Penduduk asli Liverpool disebut dengan Liverpudlians. Berbagai pelayaran terkemuka dunia seperti RMS Titanic, RMS Lusitania, Queen Mary dan Olympic, selalu berlabuh di kota ini. Selain itu Liverpool juga merupakan daerah asal komunitas Afrika dan China di Eropa. Landmark utama Liverpool adalah area kota Liverpool Maritime Mercantile City (terdiri dari Pier Head, Albert Dock, dan William Brown Street) yang termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Landmark lain yang juga sering dikunjungi oleh wisatawan antara lain The Beatles Story, World Museum, Merseyside Maritime Museum, dan Walker Art Gallery. 

 

6. York

York
York
Kota wisata keenam adalah York. York merupakan kota kecil klasik yang terletak di North Yorkshire, England. Wilayah kota York dikelilingi oleh tembok dan terletak di pertemuan Sungai Ouse dan Sungai Foss. Kota York pertama kali dibangun oleh Bangsa Romawi pada tahun 71 AD dengan nama Eboracum sebagai ibu kota provinsi Britannia Inferior. Kota ini kemudian diubah menjadi Kerajaan Northumbria dan Jórvík. Pada abad pertengahan, York berkembang menjadi pusat perdagangan wool dan ibu kota utara Church of England. Populasi penduduk kota ini sekitar 204 ribu jiwa (estimasi 2014). Pada tahun 2010, York mendapat penghargaan sebagai City of Media Arts yang merupakan bagian dari UNESCO Creative Cities Network. Landmark utama di kota ini antara lain York Minster, York Castle, Clifford’s Tower, York Castle Museum, City Walls, Yorkshire Museum, Jorvik Viking Centre, Theatre Royal, dan York Museum Gardens.

 

7. Glasgow

Glasgow
Glasgow - photo by Thomas Nugent
Kota wisata ketujuh adalah Glasgow. Glasgow merupakan kota terbesar di Skotlandia dengan jumlah penduduk lebih dari 599 ribu jiwa (estimasi 2015). Secara geografis Glasgow terletak di di tepi Sungai Clyde, di wilayah barat dataran rendah Skotlandia. Penduduk Glasgow disebut dengan Glaswegians. Pada awalnya Glasgow hanyalah sebuah kota kecil di tepi Sungai Clyde. Kota ini berkembang pesat setelah Revolusi Industri pada abad ke-18 dan menjadi kota pelabuhan utama di Skotlandia. Pada tahun 2008, Glasgow terpilih sebagai UNESCO City of Music. Landmark utama yang ada di kota ini antara lain Provand’s Lordship, St. Mungo’s Cathedral, Kelvingrove Art Galley and Museum, Riverside Museum, Glasgow Science Centre, Burrel Collection, Glasgow Botanic Gardens, dan Mitchell Library.

 

8. Windsor

Windsor
Windsor
Kota wisata kedelapan adalah Windsor. Windsor merupakan kota kecil yang terletak di Berkshire, England. Kota ini terkenal dengan objek wisata Windsor Castle, yang merupakan salah satu kediaman resmi keluarga Kerajaan Inggris. Secara geografis Windsor terletak di tepi Sungai Thames, sekitar 37 km di sebelah barat London. Kota Windsor yang dikenal saat ini dulunya bernama New Windsor. Sedangkan Old Windsor sendiri merupakan desa yang letaknya sekitar 3 km di sebelah selatan. Selain Windsor Castle, landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan antara lain Sungai Thames, Alexandra Gardens, Legoland Windsor Resort, Windsor Great Park, Savill Garden, dan Windsor Racecourse.

 

9. Oxford

Oxford
Oxford
Kota wisata kesembilan adalah Oxford, kota pendidikan yang terkenal dengan perguruan tinggi terbaik di dunia, Universitas Oxford. Oxford adalah ibu kota county Oxfordshire, South East England. Populasi penduduk kota ini sekitar 157 ribu jiwa (estimasi 2015). University of Oxford, yang telah berdiri sejak abad ke-12, merupakan universitas tertua di dunia yang menggunakan Bahasa Inggris (English). Selain pendidikan, Oxford juga merupakan kota yang terkenal dengan teknologi informasi, sains, publishing, dan manufaktur. Landmark utama di kota ini antara lain Bodleian Library, Pitt Rivers Museum, Oxford University Museum, Ashmolean Museum, University Church of St Mary the Virgin, University of Oxford Botanic Garden, Carfax Tower, dan Covered Market.

 

10. Torquay

Torquay
Torquay
Kota wisata kesepuluh adalah Torquay. Torquay adalah kota pantai yang terletak di Devon, South West England. Populasi penduduk kota ini sekitar 65 ribu jiwa (estimasi 2011). Berbeda dengan kota-kota di UK lainnya yang beriklim dingin, Torquay memiliki iklim hangat karena letaknya di tepi pantai. Karena iklim inilah sehingga Torquay mendapat julukan English Riviera. Beberapa pantai utama di kota ini antara lain Oddicombe, Babbacombe, Meadfoot, Maidencombe, Watcombe, Anstey’s Cove, dan Hollacombe. Selain pantai, objek wisata lain yang sering dikunjungi di kota ini adalah Torre Abbey, Babbacombe Model Village, Kents Cavern, Living Coast, Torquay Museum, dan Torquay Theatre. Torquay juga merupakan kota asal penulis terkenal dunia, Agatha Christie.

 

Demikianlan 10 kota tujuan wisata yang serng dikunjungi oleh para traveler di United Kingdom. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip yang lain!
RESERVE